Rabu, 28 April 2010

Keputihan = Pek tay = Fluor Albus = Uncomfy

Sekitar sebulan yg lalu saya mengalami keputihan.. yg niatnya mau cek ke dokter akhirnya diurungkan karena setelah saya obati sendiri (cebok dgn air sirih, betadine hygiene) sembuh. Ngga lama kemudian saya dapet tamu bulanan. 3 minggu setelah itu..... cerita yg sebenarnya dimulai...

Udah hampir seminggu saya mengalami keputihan (lagi).. Dari yg berwarna hijau kekuningan hingga merah darah... plus bonus rasa gatal dan perih yg hebat, tapi tidak berbau. Nah waktu darah yg keluar saya mulai panik.. kenapa??? Pertama kalinya saya mengalami ini.. mulai cari informasi dari Mr. Google cari informasi sebanyak2nya tentang keputihan.. Sedikit info yg saya dapat ttg keputihan..

Apa sih keputihan itu..???
Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Keputihan itu terbagi atas 2 jenis :
1. Keputihan fisiologis (normal) : lendirnya berwarna bening, tidak berbau dan tidak gatal.
2. Keputihan patologis (karena penyakit) : warna lendirnya tida bening tetapi putih seperti susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah, biasanya disertai rasa gatal dan bau yang menyertainya.

Penyebab keputihan patologis (karena penyakit) :
- infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, jamur atau protozoa
- gejala kanker mulut rahim
- benda asing dalam vagina, misalnya kondom yg tertinggal
Cara mencegah keputihan :
- menjaga kebersihan daerah vagina
- membilas vagina dengan cara yg benar ---> setelah pup atau pee, sebaiknya membilas vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus.
- Jangan suka tukar2an CD dengan orang lain dan dipakai secara bergantian --> walaupun sdh dicuci bersih
- jangan menggunakan handuk bersamaan (tukar2an handuk) --> walaupun sdh dicuci bersih
- lebih berhati2 dalam menggunakan sarana toilet umum --> sebaiknya pakai air bersih yg mengalir lgsg dari keran
- ganti pantyliners atau pembalut setiap 3 sampai 4 jam
- jalani pola hidup sehat, tidur cukup, olahraga teratur, makan makanan dgn gizi yg seimbang
- hindari gonta-ganti pasangan seksual (seks bebas)

* bagi wanita yg sudah melakukan hubungan seksual, setiap tahun harus melakukan pap smear untuk mendeteksi perangai sel-sel yang ada di mulut dan leher rahim. 


Yap... setelah guggling saya pun jadi parno, takut banget pas baca kata2 kanker atau katanya bisa mandul lah.. oh gosh!!! Ga bisa nunggu lagi, harus secepatnya diperiksa.. 
Akhirnya memutuskan cek di Klinik Moegni hari selasa kemarin (kalo nunggu yg di RS. Bunda kelamaan baru Kamis prakteknya)... cek sama om Budianto Barnas... 

Katanya sih keputihan yg saya alami sudah akut dan infeksi.. udah banyak banget.. itu semua karena JAMUR!!! Ini semua karena fasilitas toilet di kantor yg ga memadai.. kadang air di keran suka dimatiin, jadi cuman ada air yg tersedia di bak dan kotor.. dibersihin seadanya.. 

Saya mulai naik ke kursi panas, dan...... owwww sakitttt!!!! Keputihan saya dibersihkan dan diobati dari dalam.. diambil pake cotton bud raksasa, dimasukkin obat yg mirip kapur ke dalam V, dan pake canesten juga. Dapet obat minum juga.... total ke dokter plus obat sekitar 300rb deh.. 

Kalo seminggu ga sembuh ya saya harus kudu balik lagi.... semoga sembuh ya Allah.. amin..

Ini pelajaran untuk kaum wanita, harus lebih memperhatikan kebersihan organ intim kita.. dijaga dan dirawat baik2 ms.V yg satu itu..

Semoga pengalaman saya bisa menjadi pelajaran u/ semua wanita yg membacanya.. ^^



1 komentar: